Wednesday, March 27, 2019

Ola, Sobat seKampus! Sudah menjelajah ke perpustakaan mana aja, nih? Ada berapa sih, perpustakaan favoritmu untuk mencari sebuah referensi untuk makalah, ujian akhir, atau bahkan skripsi? Coba kamu hitung, dalam setahun, berapa kali pergi ke perpustakaan? Nggak pernah? Wah, nggak keren, dong! Padahal banyak banget bacaan menarik yang bisa kamu pinjam (dalam bentuk buku) atau kamu akses (dalam bentuk digital) ketika berkunjung ke perpustakaan. Memangnya kamu nggak betah di perpustakaan?

Dulu, paling tidak sampai akhir 1990an, kesan perpustakaan identik dengan kutu buku, ruangan lembap, gelap, koleksi berdebu dan berantakan, atau meja dan kursi yang tidak nyaman untuk berlama-lama di sana. Padahal, nggak semua interior perpustakaan seperti bayanganmu itu, Sob. Banyak banget perpustakaan klasik yang justru membuatmu akan lebih lama berada di dalamnya. Mungkin, di era digital ini, interior terang dan futuristik lebih sesuai dengan seleramu, ya? Yuk, berkunjung ke perpustakaan. Apalagi Sobat seKampus menjadi anggotanya, memberi manfaat yang tak terhingga.

betah di perpustakaan

Photo by Michael D Beckwith on Unsplash

 

Baca Juga: Keliling Perpustakaan

 

Alasan Betah di Perpustakaan

Biasanya sih, standard. Tugas kampus. Meski sudah mencari di lamannya Mbah Google, tetap saja Sobat seKampus merasa harus ke perpustakaan. Perginya dengan langkah berat cenderung diseret nggak, nih? Padahal, di perpustakaan tuh, Sobat bisa:

Meminjam dan Membaca Buku

Tentu saja! Ribuan judul tersedia. Ribuan penulis dan penerbit pun tersaji lengkap. Sobat tinggal pilih sesuai kebutuhan.  Meski memiliki masa pinjam dan jumlah buku yang bisa dipinjam terbatas, Sobat masih bisa memperpanjangnya, kok.

Sumber Ketenangan dan Inspirasi

Bagi Sobat yang butuh suasana hening saat mengerjakan tugas, perpustakaan adalah tempat yang tepat. Sobat bisa fokus hingga tugas selesai dikerjakan. Selain tenggat paper yang diminta dosen, menggali informasi dan bahan referensi tentang UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang Sobat ikuti juga bisa dilakukan di sini.

Tempat Ngadem

Untuk Sobat yang merasa kegerahan atau sumpek di luar, datanglah ke perpustakaan. Pilih sudut yang nyaman untuk sejenak rehat sambil membaca buku pilihan.

Sumber Wi-Fi Gratis

Ini pasti incaran Sobat seKampus! Berselancar di dunia maya, membutuhkan akses untuk mengunduh sejumlah data atau gambar dalam ukuran besar (sekitar 10 GB, misalnya?), maka perpustakaan adalah jawaban. Apalagi kalau ternyata kecepatannya cukup agar waktumu bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan tugas lain. Bahagia banget rasanya.

Tempat Kencan

Romantis bagi Sobat Kutu Buku. Benar, kan? Satu tempat dua manfaat bagi kalian. Belajar iya, berduaan iya. Kalian masing-masing membawa setumpuk buku. Entah salah satu belajar dan ingin ditemani, atau keduanya memang sedang butuh mengerjakan tugas, atau hanya ingin berduaan di tempat tenang dan bebas dari berisiknya godaan teman-teman kalian.

Menonton Televisi

Entah saluran televisi lokal atau mancanegara, bebas bagi kalian untuk memilihnya. Atau, mengambil koleksi rekaman video dan menontonnya dengan beberapa pengunjung atau sendirian.

Interior Nyaman dan Bersahabat

Saat ini, sudah banyak perpustakaan dengan interior menarik dan segar dipandang. Bagi kaum millennial, nyaman berarti warna-warna terang dan setumpuk bantal empuk. Benar?

Menjelajah Perpustakaan Kampus

Setiap kampus pasti memilki perpustakaan pusat dengan ratusan ribu koleksi dan masing-masing fakultas pun biasanya ada perpus kecil dengan jumlah koleksi terbatas. Tentu saja Sobat bisa mampir dan membaca koleksi dari perpustakaan kampus lain meski tidak bisa dibawa pulang. Ada layanan fotocopy yang bisa digunakan dengan syarat sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.

Apakah Sobat tau, ada berapa total perpustakaan di kampus kalian? Coba intip, siapa tau, perpustakaan fakultas sebelah lebih nyaman dibanding perpus fakultasmu, jadi ada alasan main ke sebelah. Apalagi kalau ada gebetan. Ha-ha.

Nah, sudahkah kamu menjadi anggota perpustakaan? Ceritakan pengalamanmu yang membuatmu betah di perpustakaan di kolom komentar, ya.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *