Wednesday, March 27, 2019

Menjadi mahasiswa menuntut Sobat seKampus lebih mandiri. Apalagi bila Sobat seKampus ingin nge-kos. Bicara soal kos, banyak sekali pertimbangan yang harus dipikirkan. Nasib anak kos, apalagi ditambah status anak rantau jauh dari orangtua, pertama yang dipikirkan adalah mencari tempat tinggal sementara selama kuliah. Meski katanya nggak sesulit cari pacar, tapi mencari kos bisa bikin senewen kalau ternyata tempat incaran sudah penuh.

mencari kos mahasiswa

Pic by The Castilla Bandung

Nah, emang benar mencari tempat kos yang pas di hati bisa dibilang sulit nggak, dibilang mudah juga nggak. Daripada galau, yuk ikuti tipnya di bawah ini.

Budget Penentu Saat Mencari Kos

Ini faktor terdepan yang sering buat mahasiswa memilih tempat kos. Harga kamar kos sangat beragam. Lokasi, ukuran, dan fasilitas kamar menjadi faktor penentunya. Jadi, tentukan dulu budget Sobat seKampus sebelum mencari kos. Pastikan juga ada tidaknya tambahan biaya, misalnya untuk biaya listrik atau internet yang kadang tidak gratis alias rinciannya terpisah.

Lokasi: Harus Strategis?

Lokasi menentukan prestasi. Nggak hanya di kelas, loh. Kalau tidak memiliki kendaraan, ada baiknya Sobat seKampus memilih kos-kosan yang jaraknya dekat dengan kampus karena dapat menghemat waktu dan ongkos. Pastikan juga kos-kosan tersebut dekat dengan tempat-tempat makan atau berbagai fasilitas umum, seperti halte dan minimarket.

Fasilitas: Make It Like Home

Amati pula fasilitas pada calon kos-kosan Sobat seKampus, misalnya kamar mandi. Apakah letaknya menyatu di dalam kamar atau di luar sehingga satu kamar mandi digunakan untuk semua penghuni kos. Dapur, Wi-Fi, kasur, meja, kursi, lemari, jasa cuci, setrika, sarapan, dan sebagainya. Fasilitas yang ada turut memengaruhi harga kos.

Ukuran Kamar Kos

Ukuran kamar juga beragam. Mulai dari yang hanya bisa ditempati satu orang hingga beberapa orang. Pastikan terlebih dahulu seberapa besar kamar yang Sobat seKampus butuhkan. Perkirakan juga barang-barang yang akan Sobat seKampus bawa. Apakah cukup ditempatkan pada kamar yang diincar atau tidak?

Pencahayaan dan Ventilasi

Sobat seKampus nggak mau kan menempati kamar kos yang gelap dan tidak berventilasi? Pastinya pengap dan lembap serta kurang baik bagi kesehatan. Jadi, perhatikan pula pencahayaan, sirkulasi udara, dan ventilasi kamar kos incaran Sobat seKampus.

Aturan Kos

Setiap kos memiliki aturannya sendiri, contohnya tanggal dan cara pembayaran. Bagaimana pula jam malam untuk tamu sampai tutup-buka pagar tempat kos? Nggak lucu banget kalau sampai kemalaman pulang ke kos dan dipelototin ibu kos, kan? Hal ini perlu diketahui karena bisa saja kegiatan Sobat seKampus berlangsung hingga larut malam. Juga penggunaan dapur. Mana peralatan dapur yang bisa dipakai bareng penghuni kos lain, mana yang tidak boleh.

Keamanan Terjamin

Faktor keamanan juga tak kalah penting. Bukan rahasia lagi bila tempat kos-kosan sering menjadi lokasi incaran orang dengan niatan jelek meski sudah ada seorang satpam atau penjaga kos. Untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan, Sobat seKampus bisa memasang kunci tambahan di pintu kamar atau kendaraan.

Setelah faktor-faktor tersebut Sobat seKampus catat, sekarang saatnya untuk survei. Siapkan satu waktu khusus untuk mencari kos-kosan agar pencarian Sobat seKampus maksimal. Usahakan menyurvei lebih dari satu lokasi kosan sebagai perbandingan. Kalau kamu belum sempat survei langsung, informasi tempat kos kini juga tersedia di berbagai situs atau aplikasi.

Punya pengalaman seru ketika mencari kos, Sobat? Ayo berbagi di kolom komentar, ya.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *