Wednesday, March 27, 2019
sumber foto : https://www.ahchealthenews.com

Indonesia merupakan salah satu negara beriklim tropis yang hanya memiliki dua musim yaitu musim kemarau dan penghujan. Saat ini di Indonesia sedang mengalami musim penghujan. Pagi hari yang cerah tiba-tiba mendung langsung turun hujan. Tentunya kondisi cuaca yang seperti ini sangat menganggu aktivitas, selain itu juga berdampak pada kondisi kesehatan

Bagi sobat seKampus yang memiliki banyak aktivitas tentu harus memperhatikan kondisi fisiknya. Seringkali Mahasiswa terlalu sibuk sehingga mengabaikan kesehatannya. Seperti pola makan yang tidak teratur, sering begadang, kurang olahraga dan sering konsumsi junk food. Hal ini membuat tubuh kelelahan dan kekurangan nutrisi.

Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah Vitamin C. Dari sekian banyak manfaat Vitamin C yang paling penting diantaranya untuk menjaga daya tahan tubuh dan sebagai antioksidan. Vitamin C ini tidak diproduksi oleh tubuh, sobat bisa mendapat Vitamin C dari sayuran, buah-buahan serta suplemen makanan.

Mungkin sobat pernah atau sering mengonsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Karena memang anak muda jaman sekarang jarang yang suka makan sayur dan buah-buahan. Suplemen menjadi andalan, karena dirasa cukup praktis. Namun, tahukah sobat jika suplemen juga tidak baik jika dikonsumsi setiap hari dalam jangka waktu yang panjang?

Menurut Dwi Hawani Novitaningtyas atau yang sering disapa Tyas, mahasiswi semester 8 jurusan Gizi Kesehatan Institut Pertanian Bogor (IPB), “Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air, hanya dibutuhkan sesuai kebutuhan tubuh. Jika sudah tidak dibutuhkan maka akan dikeluarkan bersama urin. Hal ini yang menyebabkan urin berwarna kuning pekat.”

“Jika dalam kondisi sehat jangan konsumsi suplemen setiap hari karena sebagian besar kandungan vitamin C dalam suplemen diatas dosis kebutuhan tubuh. Kebutuhan tubuh akan vitamin C tiap hari maksimal 300 mg, sedangkan biasanya pada suplemen kandungan Vitamin C sampai 1000mg. Hal tersebut dapat memberatkan kerja ginjal. Maka tidak baik konsumsi suplemen vitamin C dalam jangka waktu yang panjang.” Ujar Tyas menambahkan.

Ternyata segala sesuatu itu jika berlebihan akan tidak baik. Alangkah baiknya jika sobat mengonsumsi sayuran dan buah-buahan karena mengandung Vitamin C yang alami dengan kadar yang cukup. Sayuran dan buah-buahan yang memiliki kandungan Vitamin C dan baik untuk dikonsumsi diantaranya yaitu jambu biji, jeruk, pepaya, strawberry, paprika, brokoli, tomat dan masih banyak lagi.

Nah, alangkah baiknya mulai sekarang ganti suplemen sobat dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayangilah tubuh sobat seKampus, semua yang sobat kerjakan percuma jika pada akhirnya jatuh sakit dan tidak bisa menikmati hasil kerja keras sobat selama ini.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *