Wednesday, March 27, 2019

Pertanyaan itu menjadi gelayut pikiran jika ijazah SMA sudah di tangan. Sobat seKampus juga? Ya, wajar saja. Rasanya memang gamang, seperti menapaki gerbang masa depan yang entah apa. Terlebih jika kalian belum mengeset rencana masa depan sejak sebelumnya. Karenanya, seKampus hadir menemani kalian melalui artikel ini untuk sekadar memberi gambaran akan pilihan-pilihan yang bisa diambil setelah lulus SMA. Baca sampai tuntas, ya!

Pic by Hieu An Tran on Unsplash

Remaja ‘Zaman Now’

Sebelum mengupas ragam pilihan yang terbentang setelah kelulusan, ada hal menarik yang diulas oleh penulis buku “Communicating with the Future”, Thomas Frey. Ia mengatakan bahwa ada perbedaan yang tampak mencolok dari remaja tahun 90-an dengan 2000-an. Utamanya adalah paparan teknologi yang membentuk pola pikir.

Berkenaan dengan ‘siraman teknologi’ ini, bahkan, Diana Divecha dalam tulisannya di laman majalah daring “Greater Good Magazine” menyebutnya dengan “iGen”.  Ia mengamati dan merujuk  hasil survey 11 juta remaja lintas generasi bahwa rupanya para iGen ini (dan ya, bisa jadi kalian yang membaca ini termasuk juga) memiliki kesehatan emosional yang lebih rendah dibanding generasi sebelumnya.

Yap, ini berhubungan dengan paparan teknologi yang Frey katakan. Tapi jangan sedih, remaja 2000-an ini terlihat lebih peduli dan melakukan banyak strategi “hidup cepat” untuk bertahan hidup karena lingkungan yang kompetitif.

Kalian Punya Banyak Pilihan

Nah, mengenai strategi hidup di situasi perekonomian yang lebih menantang dan kemudahan teknologi di masa mendatang, ada banyak varian pilihan yang bisa kalian ambil selepas lulus SMA. Nih, kami coba rangkum buat kalian ya, sobat seKampus. Check it out!

  1. Ngampus

Ini pilihan yang biasanya banyak dipilih. Kalian bisa memilih jenjang sarjana (4 tahun) atau diploma. Jenjang ini dipilih untuk kalian yang ingin menapaki karier sebagai seorang profesional kelak. Namun, pertimbangkan mengenai biaya dari jauh-jauh hari, karena tentu saja biayanya tak sedikit. So, pastikan jurusan yang diambil memang sangat disukai dan semangat dijalani. Tak mau kan dana terbuang begitu aja. Uh, big-no-no.

Namun, ada alternatif lain yang disuguhkan teknologi. Pendidikan tak terkait jarak, walau masih membutuhkan biaya. Ya, kuliah online. Beberapa kampus menyediakan layanan ini. Selain kamu bisa berkuliah tanpa tatap muka, juga bisa dibarengi dengan membangun wirausaha. Menarik, ya.

  1. Program Sertifikasi

Disebut juga program vokasi. Untuk kamu yang ingin langsung diarahkan pada dunia kerja dengan kemampuan yang spesifik dan berkualitas, ini cocok banget. Biasanya lembaga yang memberikan sertifikat ini punya koneksi dengan bursa tenaga kerja. Jadi jangan khawatir bingung melamar di mana. Mereka akan menyalurkan kalian sesuai skill. Beberapa pilihan bidang yang ditawarkan program ini biasanya adalah desain web, kesekretariatan, elektronika, atau pembantu medis.

  1. Militer, Why Not?

Gak melulu harus duduk di ruang kelas, selepas lulus SMA kamu bisa juga mencoba daftar menjadi tentara. Tentu ada persyaratan fisik dan mental yang cukup ketat. Tapi, layak coba untuk kalian yang berjiwa nasionalis dan punya misi melindungi negara.

  1. Waktu Jeda

Yup, gak harus terburu-buru. Mengambil tahun jeda setelah lulus sebelum memutuskan berkuliah ataupun bekerja sah-sah saja. Misalnya saja, jika ingin mengulang mendaftar di jurusan pada kampus yang diinginkan pada ujian masuk tahun depan. Atau menabung dulu agar urusan biaya tak jadi kendala. Atau apapun lah, agar lebih mampu membuat keputusan yang lebih baik. Take your time, guys!

  1. Entrepreneur

Buat kalian yang memang punya ‘otak bisnis’ selepas SMA, kalian bisa fokus membangun jejaring pemasaran dan konsep usaha tanpa harus terjeda UTS (atau remedial, ha-ha). Apalagi yang punya hobi, ini waktunya kalian monetizing alias membuatnya jadi ‘mesin uang’. Apa coba yang lebih enak dari kerja dari hobi? Pastikan kalian punya rencana bisnis yang matang, ya.

  1. Bekerja

Beberapa perusahaan atau usaha kecil masih ada yang menerima lulusan SMA untuk bekerja. Ya, walau bukan posisi yang tinggi, namun jika digeluti dengan tekun bisa jadi kalian sukses. Merambah dari bawah, tak masalah.

Hidup Lo Setelah Lulus SMA, Keputusan Lo

Lulus SMA itu bisa dibilang gerbang menuju masa dewasa. Nah, menjadi dewasa salah satunya adalah membuat keputusan yang bijak, minimal buat diri sendiri. Setuju gak? So, kuliah atau nggak selepas SMA, balik lagi ke pertimbangan-pertimbangan yang harus dipikirkan sama kalian. Baik dari sisi rencana hidup, biaya, fasilitas, kondisi mental, dan sebagainya. Tentu saja hal ini perlu didiskusikan dengan orangtua atau orang dewasa yang dekat dengan kalian.

But anyway, apapun pilihan kalian, dan walau pada akhirnya terasa salah ketika menjalaninya, kamu masih punya waktu untuk mengubah rencana kok. Paling penting adalah memutuskan. Jadi, kalian mau pilih apa nih setelah lulus SMA? Bagi yuk, ceritanya sama seKampus.

1 Comment

  • John 17 November 2018 09:11

    Ahaa, its good dialogue about this article here at this webpage,
    I have read all that, so at this time me also commenting
    here. I simply could not depart your site
    prior to suggesting that I actually enjoyed
    the usual information a person supply on your guests?

    Is gonna be again steadily to investigate cross-check new posts It’s
    the best time to make some plans for the future and it’s time to be happy.
    I’ve read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or advice.
    Maybe you could write next articles referring to this article.
    I want to read even more things about it! http://foxnews.co.uk

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *