Wednesday, March 27, 2019

Sobat seKampus mungkin pernah atau akan mengalami saat-saat ketika kurang tidur. Deadline tugas, skripsi, belajar dengan sistem kebut semalam (SKS), atau padatnya kegiatan yang kamu lakukan bisa menjadi penyebabnya. Rela begadang sah-sah aja dilakukan. Tapi, Sobat seKampus juga kudu memperhatikan kesehatan, lho. Apalagi kalau punya masalah tidur. Bakalan repot.

Kurang tidur dapat memperburuk kondisi Sobat. Ngantuk pasti, kurang konsentrasi bisa jadi. Belum lagi bila terlalu memaksakan diri, kamu bisa jatuh sakit. Tumbang dan akhirnya terpaksa bolos kuliah. Hadeh, nggak banget. Nah, supaya hal-hal itu nggak terjadi padamu, trik-trik berikut bisa dicoba untuk menyiasati masalah tidur, termasuk merasa kurangnya jam tidur.

masalah tidur

Pic by Nathan Dumlao on Unpslash

‘Berjemur’

Mungkin kamu nggak inget saat ibu menggendongmu di pagi hari menghadap sinar mentari. Dulu banget, waktu usia kalian sehari sampai sekitar 3o harian. Nah, seharusnya ritual pagi itu nggak kamu lewatkan sampai besar.

Paparan sinar matahari membantu ritme sirkadian tubuh secara alami. Berjemur di bawah cahaya matahari selama lima hingga sepuluh menit dengan memejamkan mata akan “membangunkan” otak Sobat seKampus dan mempersiapkannya untuk memulai hari.

Jadi, istilah “ngumpulin nyawa” saat baru membuka mata bisa dilanjutkan dengan berjemur sejenak, supaya kamu nggak kaget ketika keluar rumah atau kosan. Studi juga membuktikan, menghirup udara segar memberi efek menyegarkan.

Banyak Menggerakkan Tubuh

Selama jantungmu masih berdetak, bergeraklah sebanyak mungkin. Aktifkan seluru sudut tubuhmu. Cukup aneh, memang, tubuh yang sedang merasa lemas karena kurang tidur malah justru diminta untuk menggerakkannya. Tapi, ketika ada kesempatan, pergunakan untuk banyak bergerak, misalnya naik-turun tangga di kampus. Bila memungkinkan lagi, Sobat seKampus bisa berolahraga ringan sekitar 10–15 menit. Banyak bergerak akan memompa laju pernapasan. Hal ini membuat pasokan oksigen lebih optimal mengalir ke seluruh tubuh. Coba mulai besok, ya!

Sarapan Atasi Masalah Tidur

Tubuh Sobat seKampus butuh asupan untuk melalui hari dan ini bisa dimulai dari sarapan yang memenuhi syarat kelompok makanan utama. Please, jangan pilih gorengan. Bubur oat dengan buah dan kacang atau telur dengan tomat dan alpukat dalam roti lapis bisa menjadi pilihan yang baik. Jangan lupa minum, loh.

Asupan Cairan

Tubuh Sobat seKampus juga bisa tetap fit dengan mengonsumsi air minimal dua liter setiap hari. Jika tidak terlalu suka minum (dan ini sebenarnya bisa berbahaya bagi ginjal, Sob), coba siasati dengan buah yang kaya akan air, seperti semangka, agar cairan dalam tubuh Sobat seKampus tetap terjaga.

Manfaatkan Tidur Siang

Tidur siang dengan jangka waktu sekitar 20–30 menit saja sudah cukup untuk menghindari inersia tidur, yaitu rasa pusing setelah bangun tidur. Terkadang penglihatanmu menjadi buram, kan? Ada berbagai manfaat tidur siang yang diyakini dapat memengaruhi tubuh secara positif pada orang dewasa, seperti relaksasi, mengurangi rasa lelah, meningkatkan konsentrasi, kewaspadaan, dan daya ingat. Jadi, jangan sok sibuk. Luangkan waktu untuk mengistirahatkan tubuh di siang hari, Sob.

Membasuh Wajah dengan Air Dingin

Penelitian yang dilakukan University of Chicago menemukan, para partisipan yang membasuh wajah dengan air dingin menjadi lebih terjaga dan bisa menyelesaikan tugas dengan baik ketimbang mereka yang mencuci muka dengan air hangat. Ini karena bila terkena air dingin, tubuh melepas hormon, seperti noradrenalin. Hormon inilah yang membuat tubuh dan otak terjaga. Biasanya kamu disiram air dingin ya, kalau kesiangan bangun? Haaa… Kamu ketauan!

Bernapas Dalam

Ya keleus, kamu hidup nggak bernapas. So, let’s take a deep breath, Sob. Studi dari Northwestern University menemukan, bernapas dalam mampu meningkatkan fungsi kognitif. Bernapas dalam juga bisa mengenyahkan perasaan lelah serta memberi asupan energi.

Ngomong-ngomong, Sobat seKampus kalau bergadang itu ngapain aja, sih? Punya trik khusus mengatasi masalah tidur? Sini, berbagi dengan Sobat yang lain.

1 Comment

  • ara 9 November 2018 23:24

    saya malah seringnya habis isya tidur trus jam 10an bangun dan begadang…waduh kalong banget…cuma bener sih saya usahain mandi pagi air dingin walau menggigil cm mmg katanya bagus buat kesehatan…

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *