Wednesday, March 27, 2019

Status mahasiswa berarti banyak ya, Sobat seKampus! Salah satunya adalah tanggung jawab yang bertambah besar, termasuk soal mengelola keuangan. Mengatur keuangan itu memang gampang-gampang susah. Lepas dari gampang atau susah, keuangan Sobat seKampus harus dikelola dengan benar. Jangan sampai uang bulanan habis di tengah bulan.

Pic by Rawpixel on Unsplash

Nah, kalau Sobat seKampus tidak ingin hal itu terjadi, coba deh berbagai trik di bawah ini.

Rencana Mengatur Keuangan, Awal Dari Segalanya

Layaknya tip mengatur keuangan pada umumnya, Sobat seKampus juga sudah harus menetapkan anggaran dari awal. Maka, susunlah apa tujuan keuangan (financial goals) pribadi jangka pendek, menengah, dan panjang Sobat seKampus. Ingat, semua ini harus Sobat seKampus lakukan dari awal menerima uang saku supaya lebih mudah mengatur keuangan Sobat sendiri.

Tentukan Skala Prioritas

Setelah memiliki financial goals, Sobat seKampus perlu membuat prioritas masing-masing tujuan keuangan sesuai urutan kepentingan. Urutan teratas adalah yang terpenting. Urutan ke bawah seterusnya merupakan hal-hal yang kurang penting. Bila perlu, coretlah satu-dua item dari list tersebut.

Catat Pengeluaran dan Pemasukan

Sobat seKampus harus transparan dan jujur kepada diri sendiri untuk mendata dari mana saja uang yang didapat dan dikeluarkan. Semuanya perlu dicatat dan didata. Pendapatan Sobat seKampus, misalnya, dominan berasal dari orangtua. Maka, usahakan pendapatan tersebut akan mencukupi hingga akhir bulan. Mencatat segala pengeluaran Sobat seKampus akan mampu mendeteksi ke mana saja kamu membelanjakan uang tersebut.

Pendeknya, mengetahui setiap dana masuk dan keluar beserta tujuannya akan membuat Sobat seKampus mengetahui jumlah uang yang masih ada di dompet sehingga kamu bisa berpikir panjang sebelum membelanjakannya. Bila Sobat seKampus tidak ingin mencatatnya di secarik kertas, kini sudak banyak aplikasi finansial yang bisa membantu mencatat pemasukan dan pengeluaran seseorang, kok.

Kebutuhan, Bukan Keinginan

Kebutuhan Sobat seKampus tentu banyak. Keinginan kamu mungkin bisa lebih banyak. Jadi, utamakan kebutuhan daripada keinginankamu, misalnya sisihkan uang untuk biaya membeli paket data alih-alih hang out di pusat keramaian. Mengutamakan kebutuhan daripada keinginan akan berguna hingga Sobat seKampus lulus kuliah kelak, lho.

Cari Pemasukan Tambahan

Bila dirasa uang saku orangtua tidak mencukupi, maka Sobat seKampus tidak perlu malu untuk mencari pemasukan tambahan, misalnya bekerja paruh waktu (part time) atau berinvestasi. Selain uang didapat, wawasan dan pengalaman Sobat seKampus tentu akan bertambah dengan bekerja part time atau berinvestasi.

Buatlah Pos Dana Cadangan

Dari jumlah uang masuk tiap bulan, cobalah untuk disisihkan sebagai pos dana cadangan. Tapi, bedakan pos dana cadangan ini dengan tabungan ya. Tabungan diperuntukkan untuk beberapa keperluan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Nah, pos dana cadangan ini untuk hal-hal tak terduga, misalnya Sobat seKampus jatuh sakit.

Sudah ada bayangan bagaimana mengatur keuangan ketika menjadi mahasiswa? Yep, penting banget. Belajar untuk bisa survive di kondisi apa pun. Apalagi untuk kamu yang jauh dari orangtua dan hidup merantau tanpa ada saudara di kota tempat kuliah.

Punya tip dan trik sendiri yang lebih seru dalam mengatur uang bulanan kamu, Sob? Coba bagikan kepada Sobat seKampus yang lain, deh.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *